SUARA INDONESIA JOMBANG

HUT Emas IKA Unair ke-50 Gelar Pasar Murah di Tuban

Irqam - 24 September 2022 | 19:09 - Dibaca 1.61k kali
Ekbis HUT Emas IKA Unair ke-50 Gelar Pasar Murah di Tuban
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pasar murah di Tuban dalan rangka HUT Emas IKA Unair ke-50, (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id).

TUBAN - Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) memperingati HUT Emas ke 50 di depan Markas Kompi Senapan C, Jalan Sunan Kalijaga Tuban, Sabtu (24/9/2022). Dalam acara tersebut, juga diselenggarakan pasar murah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dalam HUT Emas IKA Unair tersebut langsung meninjau pasar murah yang menjual bahan pokok diantaranya beras, gula pasir, daging ayam, telur ayam, bawang merah , bawang putih, cabai merah besar, cabai merah kecil, bawang merah, bawang putih dan minyak goreng.

Gubernur Khofifah pun menyambut baik diselenggarakannya pasar murah dalam peringatan HUT Ke-50 IKA Unair. Program pasar murah ini terselenggara atas sinergi dan kolaborasi Pemprov Jatim dan IKA Unair.

“Ini sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi Pemprov Jatim dan IKA Unair untuk memberikan penguatan daya beli masyarakat supaya kenaikan harga BBM ini tidak memberikan dampak serius bagi daya beli masyarakat," tuturnya.

Menurut Khofifah, Pasar murah adalah bagian dari ikhtiar untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat dalam rangka pengendalian inflasi terutama akibat dampak kenaikan BBM.

"Saya keliling dimana-mana format seperti ini kita lakukan, Pemprov Jatim sendiri menyiapkan Rp 257 miliar program perlindungan sosial," ujarnya.

“Saya berharap kegiatan pasar murah seperti ini bisa memberi akses lebih mudah dan lebih murah untuk bisa memberikan stabilisasi kekuatan daya beli masyarakat, terutama dampak dari kemungkinan potensi inflasi dan kenaikan BBM,” tambahnya.

Khofifah menjelaskan, program subsidi juga diberikan Pemprov Jatim untuk pengguna moda transportasi angkutan sungai dan danau antar pulau. Juga subsidi bagi pengguna Trans Jatim Connect yang sementara masih beroperasi di Sidoarjo, Surabaya dan Gresik.

"Kemudian Trans Jatim connect itu juga disubsidi, serta beberapa bantuan perlindungan sosial seperti bebas pajak untuk ojol dan angkot, untuk nelayan dan lainnya dengan total Rp257 miliar," jelasnya.

Khofifah menyebut, ada bantuan subsidi token listrik bagi masyarakat yang pernah mendapatkan sambungan listrik secara gratis. Ia menerangkan bahwa bantuan subsidi token listrik akan cair setelah P-APBD cair.

Terkait kelangkaan bahan bakar minyak jenis solar, disebutkan Khofifah, ia telah melakukan komunikasi dengan GM Pertamina. Ia meminta untuk kembali melakukan perhitungan kebutuhan solar per bulan secara riil di masing masing kelompok nelayan. Karena menurutnya Pertamina akan memberikan suplai sesuai dengan jumlah kebutuhan yang diajukan.  

"Minta tolong dilakukan verifikasi kembali Insya Allah pada posisi stok yg cukup, tetapi perlu verifikasi kembali kebutuhan riil perbulannya berapa, itulah yang kemudian disuplai oleh Pertamina," tegasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menuturkan, Gubernur Khofifah merupakan sosok pemimpin perempuan yang inspiratif. Karena menurutnya banyak hal yang dilakukan Gubernur Khofifah dapat dijadikan teladan bagi kepala daerah dan masyarakat Jawa Timur.

"Beliau ini adalah sosok pemimpin perempuan yang sangat menginspirasi kita semua, salah satunya adalah yang pertama selalu dilakukan pasti ada santunan anak yatim ini adalah rangkaian yang selama ini saya adopsi," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya