SUARA INDONESIA JOMBANG

Kemarau Panjang, Harga Berbagai Jenis Cabai di Jombang Meroket

Gono Dwi Santoso - 26 October 2023 | 15:10 - Dibaca 4.11k kali
Ekbis Kemarau Panjang, Harga Berbagai Jenis Cabai di Jombang  Meroket
Hariyanto (52)pedagang sayur mayur di pasar Pon saat melayani pembeli,Kamis (26/10/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Kemarau panjang membawa dampak pada harga bumbu dapur. Sejumlah komoditi mengalami kenaikan signifikan, di antaranya; berbagai jenis cabai serta sayur mayur.

Pantauan Suaraindonesia.co.id di pasar Pon Jombang,  bumbu dapur yang mengalami peningkatan paling tajam salah satu  cabai merah. yang naik signifikan hingga mencapai Rp65 ribu/kg seminggu terakhir ini.

"Untuk harga cabai merah sebelumnya Rp 40 ribu/kg sekarang mencapai Rp 65 ribu/kg, cabai besar semula Rp20 ribu/kg sekarang menjadi Rp 35 ribu/kg, cabai hijau atau cabai acar dulu Rp 20 ribu/kg sekarang Rp 50 ribu/kg," terang Hariyanto, salah seorang pedagang, Kamis (26/10/2023)

Heri mengatakan, kenaikan harga sayur mayur ini tidak hanya cabai saja, melainkan harga kebutuhan lain, seperti timun, tomat, buncis wortel dan beragam macam sayuran.

" Kubis kol Rp 4.500/kg, sekarang Rp7 ribu/kg, timun biasanya Rp 4 ribu sekarang Rp 8 ribu/kg, harga tomat stabil di kisaran Rp5  ribu/kg sampai Rp6 ribu/kg dan bawang merah sekarang Rp 20 ribu/kg sebelumnya Rp16 ribu/kg, " paparnya.

Heri menambahkan, dengan kebaikan harga sayur mayur ini tidak begitu berdampak pada penjualan cuma, sementara pembeli mengurangi jumlah pembelian. 

" Meskipun ada kenaikan harga sayur mayur dan harga  cabai pelanggan tetap tidak berkurang hanya mengurangi jumlah pembelian dan ada yang beralih membeli cabai kering, " paparnya

Hari menambahkan untuk kenaikan harga sayur mayur dan cabai ini mungkin di picu oleh cuaca ekstrim dan kemarau panjang sehingga banyak petani yang gagal panen.

" Kurangnya pasokan dan gagal panen salah satunya pemicu kenaikan harga sayur mayur dan cabai ," pungkasnya.(*).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya