SUARA INDONESIA JOMBANG

Temuan Benda Kuno di Sukosari Jogoroto Dikunjungi Disdikbud Jombang

- 16 February 2021 | 19:02 - Dibaca 1.14k kali

JOMBANG, Petugas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang mengunjungi lokasi temuan benda kuno berbentuk seperti sumur di Dusun Sumbersari, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Selasa (16/02/2021).

Sebelumnya, menuju temuan lokasi terlebih dahulu petugas Disdikbud Kabupaten Jombang juga sebentar singgah ke rumah kepala desa setempat untuk melakukan koordinasi terkait dengan temuan ini.

Kunjungan petugas Disdikbud Kabupaten Jombang yang dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Didik Pambudi Utomo ini untuk mengetahui langsung benda kuno yang ditemukan warga setempat.

Tampak ikut mendampingi di lokasi, Kepala Seksi (Kasi) Cagar Budaya dan Permuseuman, Disdikbud Kabupaten Jombang, Iswayudi Hidayat, Koordinator Juru Pelihara (Jupel) Disdikbud Kabupaten Jombang, David Widodo, Jupel Situs Pandegong dan Situs Mbah Blawu, Jayadi, serta beberapa petugas lainnya. 

Petugas melakukan pengukuran benda kuno yang ditemukan warga tersebut. Dari hasil pengukuran, benda kuno berbentuk mirip sumur itu memiliki diameter 80 Sentimeter antar bibir luar, dengan ketebalan bata 14 Sentimeter. 

Kabid Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Didik Pambudi Utomo mengatakan kepada SuaraIndonesia.co id, dirinya bersama beberapa petugas dari Disdikbud Kabupaten Jombang datang ke lokasi untuk melihat temuan benda diduga cagar budaya yang ditemukan Mohammad Soleh. 

"Besok ini yang jelas akan kami laporkan ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kabupaten Jombang), setelah itu, tindaklanjutnya seperti apa," kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Jombang. 

Selain itu, sambung Didik Pambudi Utomo, pihaknya juga menunggu hasil koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) untuk tindak lanjut terkait temuan ini. 

"Untuk sementara penggalian dihentikan. Sementara kita berpesan sama Jupelnya, untuk mengamankan lokasi situs itu," pungkasnya.(Gono).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya