SUARA INDONESIA

Perkenalkan Pemahaman Islam Sejak dini YPIT Robbani Ploso Jombang Adakan Manasik Haji

Gono Dwi Santoso - 29 July 2022 | 19:07
Peristiwa Daerah Perkenalkan Pemahaman Islam Sejak dini YPIT Robbani Ploso Jombang Adakan Manasik Haji

JOMBANG YPIT - Robbani Bekerjasama dengan KKKS SD dan IGTKI SE kecamatan Ploso ,BMT Permata dan LAZ-UQ (Lembaga Amil Zakat Ummul Quro) mengdakan kegiatan manasik haji di SDN Losari Kecamatan Ploso Jombang, Jumat (29/07/2022).

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya tentang rukun islam dan memotivasi siswa agar percaya diri untuk memiliki kemampuan melakukan ibadah haji.

Kegiatan tersebut digelar dengan maksud untuk menumbuhkan rasa semangat haji sejak dini bagi peserta manasik haji.

Tampak ribuan ana- anak berkumpul di Lapangan Losari Kecamatan Ploso dengan mengenakan pakaian ihram, anak-anak tampak antuasias menjalankan serangkaian rukun haji sambil membaca talbiyah dan sebagainya dalam kegiatan manasik haji.

Kegiatan latihan manasik haji tersebut merupakan salah satu agenda tiap tahun dimana merupakan salah satu agenda besar yang diagendakan YPIT-Robbani yang bertujuan untuk memperkenalkan tata cara ibadah haji sebagai rukun Islam ke-5 kepada anak usia dini. 

Ditemui di lokasi, Martha Lia sari (36) yang merupakan ketua panitia dari team pelaksana kegiatan manasik haji mengatakan bahwa manasik haji ini merupakan yang pertama kali sejak wabah covid 19.

“Biasanya kita melakukan kegiatan manasik haji di sekolah YPIT- Robbani tapi sewaktu ada covid ini kita hentikan, alhmhudilah hari ini dilaksanakan dengan lancar,” terangnya.

Kegiatan ini diiikuti sekitar 1000 peserta, nampak mereka sanggat antusias mengikuti kegiatan manasik haji ini.

“Kegiatan ini diikuti oleh 100 pendamping dan 900 peserta jadi totalnya ada 1000 peserta,” tambahnya.

Dirinya menambahkan jika pihaknya melakukan kerja sama dengan KKG Kecamatan Ploso, IGTKI Kecamatan Ploso, dan mengundang semua SD dan TK se-kecamatan Ploso.

"Harapannya kami kedepannya lembaga sekolah yang ada di kecamatan Ploso ini nantinya bisa mengikuti kegiatan manasik haji tahun depan. Mulai dari tingkat ,KB ,TK dan SD se kecamatan Ploso bisa lebih banyak lagi pesertanya dimana kegiatan ini sebagai syiar Islam,"pungkasnya. [gno/amb]

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Ambang Hari Laksono

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV