SUARA INDONESIA

Bantuan IBM Program Kotaku di Jombang Akan Dikerjakan Swakelola

Gono Dwi Santoso - 09 August 2022 | 17:08
Peristiwa Daerah Bantuan IBM Program Kotaku di Jombang Akan Dikerjakan Swakelola
JOMBANG - Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Timur meluncurkan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) infrastruktur berbasis masyarakat (IBM), yang diketahui pendanaannya bersumber dari APBN tahun 2022. 

Program tersebut disosialisasikan agar pengerjaannya dilakukan swakelola oleh Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) desa penerima. 

Dimana Program KOTAKU IBM tersebut bertujuan untuk mengurangi luasan kumuh di Kabupaten Jombang sehingga menyasar pada lokasi yang sesuai dengan SK Lokasi Kumuh Kabupaten Jombang tahun 2020. 

Dikonfirmasi terpisah,Heru Widjajanto, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Jombang mengatakan, pelaksanaan program KOTAKU IBM tersebut adalah secara swakelola dan dilaksanakan oleh Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) desa penerima. 

"Lembaga pemberdayaan masyarakat desa menerima dana dengan nominal bantuan sebesar Rp. 750.000.000,00 dengan ketentuan penggunaan dana sebagaimana dalam petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis pelaksanaan yang telah disusun oleh Kementerian PUPR," terangnya kepada media Selasa (09/08/2022). 

Heru mengatakan, dari 37 desa yang ditetapkan sebagai lokasi kumuh Kabupaten Jombang, sebanyak 2 desa yaitu Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno dan Desa Peterongan Kecamatan Peterongan yang mendapatkan bantuan kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat melalui program KOTAKU IBM. 

"Hal ini sesuai dengan Surat KepMen PUPR nomor 347/KPTS/M/2022 tanggal 7 April 2022 tentang Penetapan Lokasi dan Besaran Bantuan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2022," tambahnya. 

Heru menambahakan, pada awal bulan Juli, dilaksanakan pertemuan warga sebagai tahap awal pelaksanaan program KOTAKU IBM pada Desa Mojoduwur dan Desa Peterongan. 

Agenda dalam pertemuan warga tersebut antara lain, perkenalan program KOTAKU IBM, penggalian isu/permasalahan kawasan kumuh dan penggalian rencana penanganan kumuh. 

"Pembentukan kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP), Pengesahan Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) atau Lembaga kemasyarakatan desa lainnya yang telah ada dan memenuhi syarat sebagai pelaksana/penyelenggara swakelola kegiatan KOTAKU IBM oleh lurah/kepala desa," pungkasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV