SUARA INDONESIA JOMBANG

Jelang Panen, Petani Jombang Rugi Jutaan Rupiah Akibat Serangan Hama Wereng

Gono Dwi Santoso - 29 June 2023 | 16:06 - Dibaca 930 kali
Peristiwa Daerah Jelang Panen, Petani Jombang Rugi Jutaan Rupiah Akibat Serangan Hama Wereng
Wagimo(57) petani Desa Plosogeneng Kecamatan, Kabupaten Jombang saat membabat padi di area persawahan yang diserang hama wereng, Kamis (29/06/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/ Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG, SuaraIndonesia.co.id - Petani di Dusun Plosowedi, Desa Plosogeneng Kecamatan, Kabupaten Jombang merugi karena tanaman padinya di serang hama wereng, Kamis (29/06/2023).

Kerugian ini dialami justru menjelang panen padi. Sampai petani harus dibabat dan dibakar supaya hamanya tidak menyebar ke tanaman yang lain.

Seorang petani, Wagimo mengatakan, serangan hama di persawahannya sejak mulai usia padi umur 40 hari setelah tanam ke atas sudah terserang hama wereng.

"Hamanya tidak hanya wereng tapi juga ada hama yang lainya yaitu burung yang juga makan padi jadi juga harus di jaga kalau tidak tidak panen karena di makan burung dan gagal panen," kata Wagimo saat ditemui di sawahnya.

Ia menyatakan, meskipun bantuan untuk para petani sudah diberikan, tetap saja masih belum mengatasi hama wereng.

"Obatnya tidak bisa mengendalikan hama wereng mungkin sangking banyaknya serangan wereng tidak hanya wereng ulat batang, kepik hitam dan burung juga ancaman hama bagi petani padi," jelasnya.

Ia menyampaikan, kerugian yang dialami petani akibat serangan hama wereng ditaksir sekitar Rp 8 juta.

"Kerugian ditaksir akibat gagal panen tekena serangan wereng ini kisaran 8 Juta .Bisanya per seratusnya mendapatkan 1 ton padi dan rencananya akan dibongkar, diganti tanaman jagung nunggu air menyusut," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya