SUARA INDONESIA JOMBANG

Unik, Pohon Pisang Berlin di Jombang Bertandan Tiga

Gono Dwi Santoso - 22 July 2023 | 19:07 - Dibaca 1.06k kali
Peristiwa Daerah Unik, Pohon Pisang Berlin di Jombang Bertandan Tiga
Bambang (50) saat menujukkan pohon pisang Berlin (ulin) bertandan 3 di pekarangan di Dusun Sendangrejo, Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Fenomena unik terjadi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sebuah pohon pisang jenis Berlin (ulin) milik Bambang (50), warga Dusun Sendangrejo, Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang bertandan tiga.

Sepintas pohon pisang Berlin itu bentuknya sama seperti pohon pisang pada umumnya. Tapi kalau diperhatikan seksama, ada 3 tandan buah pisang yang muncul di batang pohon pisang Berlin setinggi sekitar 2 meter itu.

Bambang menjelaskan, lahan pekarangan yang ditanami pohon pisang itu, tempatnya rimbun banyak rumput ilalang. Agar tak terbengkalai dan sia-sia, lahan itu pun ditanami pohon pisang dan tanaman buah lainnya.

"Tanam pohon pisang ulin (Berlin), disuruh tanami sama almarhum bapak. Setiap ditanami pisang Ambon mati, pisang susu dan pisang Calvendis juga mati. Akhirnya tanam pisang ulin ini, bisa hidup malah buahnya bertandan tiga," ungkapnya, Sabtu (22/07/2023).

Pisang ulin yang ditanam Bambang, rencananya untuk disajikan jika ada tamu, karena buahnya kecil dan cocok untuk suguhan.

Warga setempat, Sogol (71) mengatakan baru kali ini melihat pohon pisang Berlin bertandan 3 di Desa Banjardowo, sebelumnya dia belum pernah melihatnya.

"Saya mengetahui pohon pisang Berlin bertandan 3 ini, sejak muncul jantung pisangnya dan sampai sekarang tetap ada pohon pisangnya," terangnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya