SUARA INDONESIA JOMBANG

Sebanyak 632 Bacaleg Jombang Dinyatakan Belum Penuhi Syarat, Ada Juga Data Ganda

Gono Dwi Santoso - 29 June 2023 | 19:06 - Dibaca 690 kali
Politik Sebanyak 632 Bacaleg Jombang Dinyatakan Belum Penuhi Syarat, Ada Juga Data Ganda
Suasana penyerahan berkas Bacaleg yang dilakukan KPU Jombang di gedung Husni Kamil Manik pada hari Sabtu kemarin, (24/06/2023).Foto ( Gono Dwi Santoso/ Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - KPU Jombang menginformasikan dari jumlah 695 bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar, dinyatakan hanya 63 orang memenuhi syarat (MS), sedangkan sebanyak 632 bacaleg dikatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Sementara saat ini masih pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon mulai 26 Juni hingga 9 Juli 2023.

Di satu sisi, KPU Jombang temukan 6 data ganda nama bacaleg pada saat tahapan verifikasi administrasi.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jombang, As'ad Choirudin mengatakan, jumlah bacaleg sebanyak 695 orang mendaftarkan diri. Sementara ditemukan data ganda.

"Bacaleg yang sudah didaftarkan oleh partai politik peserta Pemilu sebanyak 6 orang dengan rincian 4 orang ganda eksternal, kemudian 2 orang  ganda internal artinya eksternal itu antar partai kemudian internal itu antar Dapil atau satu nama ada dua NIK nya ada dua," terangnya, Kamis (29/06/2023).

Ia menyebutkan, KPU sudah menyerahkan berkas bacaleg ganda tersebut ke partai politik bersangkutan untuk dilakukan perbaikan. 

"Bacaleg tersebut yang dinyatakan ganda internal maupun eksternal nantinya akan membuat surat pernyataan, untuk memilih salah satu partai atau memilih salah satu dapil untuk diserahkan kembali ke KPU Jombang," ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah dilakukan perbaikan oleh peserta partai politik kemudian berkas bacaleg dikembalikan ke KPU Jombang untuk dilakukan verifikasi.

"Dimana partai politik menyerahkan ke KPU untuk dieksekusi yang tidak dipilih oleh Bacaleg tersebut intinya Bacaleg tersebut sudah memilih salah satu pilihan untuk maju bacaleg," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya