SUARA INDONESIA JOMBANG

Prabowo Subianto Berkunjung ke Ponpes Tebuireng, Ziarahi Makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur

Gono Dwi Santoso - 11 November 2023 | 14:11 - Dibaca 1.08k kali
Politik Prabowo Subianto Berkunjung ke Ponpes Tebuireng, Ziarahi Makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur
Prabowo Subianto saat berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari dan KH Abdurrahman Wahid di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

JOMBANG, SUARA INDONESIA - Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, berziarah ke makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).

Pada saat kunjungan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Prabowo juga temui para kiai dari wilayah Matraman dan dilanjutkan dengan pertemuan tertutup di kediaman Kasepuhan Ponpes Tebuireng secara tertutup.

Pantauan di lokasi, rombongan Prabowo datang ke Pondok Pesantren Tebuireng dengan mengendarai mobil dinas Menhan, Toyota Alphard Nopol RI 23 warna putih.

Prabowo tiba di Ponpes Tebuireng, disambut para pengasuh dan sejumlah ulama lain, serta para kader Partai Gerindra, serta sayap partainya. Dilanjut doa bersama dan tabur bunga di pusara KH Hasyim Asy'ari, serta makam Gusdur.

Seusai ziarah, Prabowo melakukan pertemuan tertutup dengan sejumlah kiai pengasuh pondok pesantren sekawasan Mataraman. Hadir dalam pertemuan itu, Pengasuh Ponpes Genggong Kabupaten Probolinggo, KH Hasan Mutawakkil Alallah, hingga Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Kiai Hasib Wahab Chasbullah.

Dikonfirmasi seusai pertemuan tertutup, Prabowo mengatakan, ziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari dan keluarga, merupakan rutinitasnya saat ia berkunjung ke Jawa Timur, khususnya ke Jombang.

Sementara soal pertemuan dengan para kiai, Prabowo mengaku seluruhnya berlangsung dialogis. Kepada Prabowo, para kiai menitipkan banyak hal. “Salah satunya soal peran penting dalam memajukan umat dan bangsa Indonesia dengan cara-cara damai dan sejuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Genggong Kabupaten Probolinggo, KH Mutawakkil Alallah mengatakan, pertemuan tertutup dengan beberapa tokoh ulama di Mataraman, mulai Pacitan, Jombang, hingga Mojokerto.

"Dalam pertemuan tersebut, kesimpulan para kiai sudah puas dengan apa yang sudah disampaikan dan dipaparkan oleh Capres Prabowo Subianto," terangnya.

Menurutnya, kiai sudah merasakan apa yang dilakukan oleh pemerintah sekarang itu benar-benar dilakukan oleh pemerintah, dan dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Di mana Prabowo dianggap pantas melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi ke depan untuk mencapai tujuan Indonesia maju,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya