SUARA INDONESIA JOMBANG

Bawaslu Jombang Ajak Pemilih Pemula Terlibat Aktif dalam Pengawasan Partisipatif

Gono Dwi Santoso - 13 November 2023 | 21:11 - Dibaca 866 kali
Politik Bawaslu Jombang Ajak Pemilih Pemula Terlibat Aktif dalam Pengawasan Partisipatif
Ketua Bawaslu Jombang David Budianto dan Komisioner KPU Jombang Ayattulloh Qumaini saat sosialisasi ke pemilih pemula di Madrasah Aliyah Perguruan Muallimat Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Ind

JOMBANG, SUARAINDONESIA - Bawaslu Jombang menggelar sosialisasi pemilu kepada pelajar. Agenda itu berlangsung di Gedung Ummul Quro, Madrasah Aliyah Perguruan Muallimat Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (13/11/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang David Budianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong keterlibatan warga dalam pengawasan partisipatif, termasuk para pemilih pemula.

"Diharapkan nanti para pelajar yang sudah mempunyai hak pilih bisa menyalurkan aspirasinya ke TPS di mana mereka terdaftar sebagai pemilih. Dan terlibat dalam pengawasan pemilu," terangnya.

David menjelaskan, jika semakin banyak warga terlibat dalam pengawasan, maka pelaksanaan pemilu dinilainya menjadi lebih berkualitas dan demokratis.

"Semakin aktif dan banyak masyarakat yang terlibat dalam pengawasan, diharapkan pemilu dapat berlangsung lancar dan sukses. Utamanya dalam pengawasan," pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jombang Ayattulloh Qumaini menuturkan, sosialisasi bagi pemilih pemula ini juga terkait tahapan pemilu. "Mulai tahapan teknis pelaksanaan dan pengenalan awal pemilu," terangnya.

Ayat menambahkan, selain itu juga memberi pemahaman kepada pemilih pemula agar lebih aktif lagi mengecek DPT. Apakah namanya sudah masuk atau belum, serta mendorong mereka agar menggunakan hak pilihnya.

"Jangan sampai tidak menyalurkan aspirasinya, karena nasib bangsa sangat tergantung pada suara yang diberikan pada pemilu nanti," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya