SUARA INDONESIA

Desa Balongbesuk Jombang Gelar Kirab Sedekah dan Sembelih Kerbau, Ini Tujuannya

Gono Dwi Santoso - 28 July 2022 | 15:07
Budaya Desa Balongbesuk Jombang Gelar Kirab Sedekah dan Sembelih Kerbau, Ini Tujuannya

JOMBANG - Desa Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang adakan sedekah desa sebagai wujud lestarikan budaya leluhur yang dimana selama 2 tahun selama pandemi Covid-19.

Tahun ini pelaksanakan acara sedekah desa dilakukan dengan cara unik yaitu dengan  menyembelih kerbau.

Kegiatan sedekah ini berlangsung meriah dengan adanya pawai budaya serta arak arakan tumpeng gunungan hasil bumi yang dibawa ke punden sesepuh desa Mbah Sumber yang ada di Dusun Balong Biru, Desa Balong besuk kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Kamis (28/7/2022).

Ditemui di lokasi acara sedekah Mochamad saifud (34 ) selaku Kepala Desa Balongbesuk mengatakan, kegiatan sedekah tersebut sangatlah unik, dimana masyarakat desa akan urunan untuk membeli lembu yang hendak disembelih dan di bagikan ke masyarakat.

Menurutnya, generasi saat ini mencoba untuk melestarikan budaya sedekah desa, karena acara tersebut telah dilaksanakan turun temurun oleh masyarakat desa setempat.

"Sedekah desa ini dengan konsep pawai budaya ada kereta kencana start dari balai desa menuju punden desa sekitar 1km di iringi drumband, kesenian kuda lumping , Bantengan dan ikuti gunung an tumpeng yang di ikuti seluruh RT desa Balongbesuk," katanya.

Saifud berharap dengan adanya sedekah desa masyatakat senantiasa bergotong royong dan guyup rukun serta dijauhkan dari segala macam penyakit.

"Selain itu juga hasil panen dapat melimpah dan semoga acara sedekah desa ini kedepannya lebih terkonsep lagi dan menjadi ikon wisata desa," paparnya.

Ditemui dilokasi acara Bambang Rudi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang mengatakan pihaknya sangat bagga dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Balongbesok.

"Kegiatan ini merupakan upacara adat yang patut dilestarikan karena merupakan wujud syukur kepada Alloh atas segala keberkahan yang dianugerahkan, dan juga sebagai sarana menumbuhkan semangat gotong royong dan kerukunan warga yang merupakan tonggak persatuan bangsa," ujarnya.

Bambang menambahkan, kegiatan sedekah desa semacam ini bisa dilestarikan, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kemajuan desa dan daerah di Jombang.

"Dan imbasnya adalah peningkatan perekonomian masyarakat desa setempat," pungkasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV