SUARA INDONESIA JOMBANG

Peringati Hari Bahasa dan Panen Raya, SMPN 3 Peterongan Jombang Gelar Festival Literasi

Magang - 01 November 2022 | 14:11 - Dibaca 1.86k kali
Pendidikan Peringati Hari Bahasa dan Panen Raya, SMPN 3 Peterongan Jombang Gelar Festival Literasi
Kepala SMPN 3 Peterongan, Nurholis, memberikan hadiah kepada pemenang Lomba FELIS. (Foto: Akhlaqul Karimah Ajiri for Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG - Setelah vakum dua tahun, SMPN 3 Peterongan, Kabupaten Jombang, adakan Festival Literasi Sekolah (FELIS) pada Minggu (30/10/22).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati bulan bahasa dan panen raya P5 (Projek, Penguatan, Profil, Pemuda dan Pancasila).

Kepala SMPN 3 Peterongan, Nurholis, mengatakan FELIS 2022 ini dibagi menjadi dua kegiatan. Yaitu kegiatan Internal, berupa tiga jenis lomba yang dikhususkan untuk siswa-siswi Peterongan. Dan kegiatan Eksternal, yang dikhususkan untuk tingkat SD/MI se-Kabupaten Jombang.

FELIS bertujuan untuk membudayakan literasi pada peserta didik. Digelar dalam serangkaian acara yang melibatkan internal dan eksternal SMPN 3 Peterongan.

“Pada saat ini, yang sudah kita rencanakan dan dikemas dalam bentuk FELIS, yaitu Festival Literasi yang kita gabungkan dengan panen raya P5, istilahnya dalam kurikulum merdeka. Karena itu kegiatan ini kita gabung menjadi satu dalam bentuk FELIS,” ujarnya.

FELIS yang diadakan secara internal berupa lomba cipta puisi, lomba ringkasan buku dan lomba risensi yang diikuti oleh siswa-siswi SMPN 3 Peterongan.

Sedangkan lomba eksternal yang diadakan untuk siswa-siswi SD/MI se-Kabupaten Jombang, berupa lomba baca puisi, yang diikuti oleh 54 siswa. Diambil juara 1,2,3 untuk putra. Serta 1,2,3 untuk putri.

Dan untuk lomba membuat komik pemuda pancasila, diikuti oleh 58 siswa. Diambil juara 1,2,3 serta juara harapan 1,2,3.

Dalam acara penutupan FELIS 2022, SMPN 3 Peterongan meluncuran 12 judul buku dan 1 komik Pelajar Pancasila karya siswa dan guru SMP Negeri 3 Peterongan.

Diiringi dengan doa dan juga pemukulan gong oleh perwakilan DIKBUD Kabupaten Jombang, Karyono, yang dilanjutkan dengan Mauidoh, oleh KH Zaimun Wijaya Asad.

“Angka 3 dalam SMPN 3 ini memiliki 4 huruf. Disetiap hurufnya, punya makna dan harus dimiliki oleh setiap santri,” tutur KH Zaimun Wijaya Asad.

Acara FELIS tersebut berlangsung selama 3 hari. Pada puncak kegiatan FELIS, di umumkan pemenang lomba-lomba yang telah dilaksanakan, baik eksternal maupun internal.

Acara ditutup dengan berbagai macam penampilan dari Siswa-siswi SMPN 3 Peterongan, Jombang. 

Penulis  : Akhlaqul Karimah Ajiri/Mahasiswa UINSA

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya