SUARA INDONESIA JOMBANG

Situs Pandegong Jombang Bakal Diajukan Sebagai Cagar Budaya

Gono Dwi Santoso - 10 June 2023 | 09:06 - Dibaca 2.55k kali
Sejarah Situs Pandegong Jombang Bakal Diajukan Sebagai Cagar Budaya
Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Jombang , Dian Yunita Sari saat dikonfirmasi terkait rencana Situs Pandegong akan diajukan sebagai cagar budaya Kabupaten Jombang. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Situs Pandegong di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jimbang sudah selesai dilakukan ekskavasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang bersama Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jawa Timur.

Situs itu rencananya akan diajukan oleh Disdikbud Jombang sebagai cagar budaya Kabupaten Jombang.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Jombang, Dian Yunita Sari mengatakan memang untuk tahun ini fokus untuk menyelesaikan ekskavasi itu sampai selesai dan tuntas.

"Kemudian ada kebermanfaatan dan itu pastinya nanti akan kita tetapkan dan kita usulkan untuk ditetapkan peringkatnya sebagai cagar budaya tingkat Kabupaten Jombang, " terangnya, Jumat (09/06/2023).

Dian menjelaskan, pihaknya telah melakukan ekskavasi hingga selesai dan tuntas. Maka akan segera diusulkan untuk penetapan, setelah itu nanti akan melakukan penataan lingkungan.

"Kita akan bekerja sama dengan dinas Lingkungan Hidup dan lain sebagainya, dengan pemerintah desa agar supaya Situs Pandegong ini agar dimanfaatkan untuk wisata edukasi," tambahnya.

Dian menambahkan, rencananya akan ada ekskavasi dengan BPK Jatim wilayah XI yaitu di Sendang Made di bawah situs Sendang Made ada dugaan struktur dan situs Mbah Blawu rencananya.

"Rencananya di bulan Agustus mendatang akan ada ekskavasi lagi dengan BPK Jatim wilayah XI di Situs Sendang Made. kita akan koordinasi kembali dengan BPK Jatim terkait ekskavasi situs Sendang Made atau situs Mbah Blawu dahulu yang kan di ekskavasi," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya