SUARA INDONESIA JOMBANG

Melihat Keseruan Koleksi Mobil Komunitas Diecast Jombang, Harganya Capai Jutaan Rupiah

Gono Dwi Santoso - 02 October 2023 | 15:10 - Dibaca 1.01k kali
Features Melihat Keseruan Koleksi Mobil Komunitas Diecast Jombang, Harganya Capai Jutaan Rupiah
Salah satu koleksi mobil diecast yang di pamerkan komunitas diecast Jombang satu kafe di Jl. KH. A. Dahlan, Kelurahan Jombatan, Kecamatan Jombang, Senin (02/10/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/ Suaraidonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesiqa.co.id - Siapa sangka, mobil mainan diecast yang dikoleksi oleh komunitas diecast mania Jombang, Jawa Timur, harganya bisa mencapai jutaan dan menjadi investasi jangka panjang.

Saat sedang liputan, tim Suara Indonesia melihat hal unik di sebuah kafe di Cafe yang terletak di Jl KH A Dahlan, Kelurahan Jombatan, Kecamatan Jombang, Jombang, Jawa Timur, Minggu (01/10/2023).

Mobil yang terparkir itu, terdiri dari berbagai jenis, mulai dari Volskwagen tahun 70-an, mobil sport Ferrari dengan warna mencolok nan unik, dan lain-lain.

Ratusan mobil yang terparkir itu bukan berada di tempat parkir. Melainkan di meja warkop yang dilengkapi dengan lintasan arena balap.

Saat ditemui, Yogi Paryoga (34) ketua komunitas diecast mania mengatakan, kegiatan komunitas saat berkumpul yaitu, memajang dan memamerkan koleksi mobil nya. Bahkan ia mengatakan, satu mobil ada yang harganya mencapai Rp 2,5 juta. 

“Saya sendiri punya 100 unit untuk jenis miniscale. Kalau mobil diecast ada 250 an totalnya,” terangnya.

Yogi menjelaskan, Komunitas Diecast Mania Jombang adalah komunitas pecinta mobil mainan diecast dan miniscale.

Ukuran mobil mainan bervariatif, mulai skala 1:32, 1:64 maupun 1:18. “Bervariatif tergantung hobinya,” bebernya.

Ia menceritakan, para anggota komunitas terdiri dari berbagai latang belakang. Ada yang guru, pegawai BUMN, pengusaha hingga pelajar. Namun, semuanya memiliki hobi yang sama yakni mengkoleksi mobil mainan diecast. 

“Kami mulai berkumpul sejak 2015. Berawal dari teman teman suka koleksi mobil mainan hasil berburu di toko modern, hingga hasil lelang di daerah lain,” terangnya.

Selain mobil ini unik untuk dipajang, diecast juga bisa dijadikan investasi jangka panjang.

“Mobil dengan jenis langka dan jarang ada dipasaran ini bisa memiliki nilai jual tinggi,” papar Yogi.

Menariknya, mobil selain untuk koleksi, diecast ini juga bisa buat long term investment alias investasi jangka panjang. “Sebab, kalau dijual bisa melebihi harga barunya ketika harga pasar naik,” tuturnya. 

“Saya punya ratusan mobil. Kalau ditotal mungkin bisa sampai puluhan juta,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya