SUARA INDONESIA JOMBANG

Bupati Jombang Resmikan Taman informasi

Gono Dwi Santoso - 20 November 2022 | 14:11 - Dibaca 686 kali
Pemerintahan Bupati Jombang Resmikan Taman informasi
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, foto bersama Forkopimda di taman informasi. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG - Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab bersama Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, dan Forkopimda Kabupaten Jombang meresmikan Taman Informasi saat Car Free Day, Minggu (20/11/2022) pagi.

Lokasinya berada diruang terbuka hijau perempatan Tugu atau Utara PLN Jombang.

Tiba di lokasi, Bupati Mundjidah Wahab didampingi Wakil Bupati Sumrambah, Ketua DPRD dan Forkopimda langsung melakukan pengguntingan rangkaian melati dan memberikan sambutan.

Bupati Jombang berharap, Taman Informasi menjadi taman yang bermanfaat, terutama sebagai tempat interaksi masyarakat juga edukasi.

"Alhamdulillah, Jombang kini tambah lagi tamannya, namanya Taman Informasi. Sebelumnya sudah ada Kebon Ratu, juga Alun-alun selain sebagai wahana edukasi juga ajang untuk berekspresi bagi para pelajar," terangnya saat sambutan.

Sekarang, Kata Bupati Jombang, panggungnya setiap Minggu selalu diisi dengan kegiatan kegiatan positif.

"Bedanya, di Taman Informasi ini juga ada Videotron yang menayangkan program Pemerintah Kabupaten Jombang, juga ada fasilitasi panggung space kecil untuk berekspresi bagi pelajar juga komunitas," tambahnya.

Bupati menjelaskan, di mana taman Informasi bisa dimanfaatkan untuk umum dan diprioritaskan sarana edukasi masyarakat saat Car Free Day atau Car Free Night sesuai jadwal. Caranya, mengajukan surat permohonan penggunaan Taman Informasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang.

"Sehingga diharapkan ada yang bertanggungjawab terhadap keamanan, ketertiban pengelolaan sampah, parkir dan fasiltas umum yang ada," tambahnya.

Fasilitasi semacam ini juga telah dilakukan oleh Pemkab di Alun-alun Jombang juga Kebon Ratu. Taman Informasi ini sebagai media komunikasi dari Pemkab Jombang kepada masyarakat, karena video yang di tayangkan adalah video yang informatif.

"Mari kita jaga bersama-sama fasilitas umum yang ada di Taman Informasi juga taman yang lainnya. Tetap jaga ketertiban keamanan, juga kebersihannya," tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Usai meresmikan Taman Informasi, Bupati juga mengkampanyekan Perbup Jombang Nomor 56 tahun 2022 tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai (PSP) di Kabupaten Jombang.

Disosialisasikan bahwa penggunaan PSP langsung buang menjadi penyebab pencemaran plastik skala besar di alam.

Ditambah lagi, tidak semua plastik memiliki nilai untuk didaur ulang, bahkan secara global hanya 9 persen plastik yang didaur ulang.

"Mari kita bersama ikut berperan membatasi penggunaan sampah PSP yaitu mengurangi kantong plastik, sedotan plastik, dan Styrofoam serta ikut terlibat dalam pengawasan implementasi Perbup ini. Perbup ini mari terus kita sosialisasikan ke masyarakat," tandasnya.

Selanjutnya, Bupati membagikan kantong ramah lingkungan kepada pengunjung CFD bersama Wakil Bupati Sumrambah, dan pejabat yang hadir saat peresmian taman informasi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya