SUARA INDONESIA JOMBANG

Warga Jombang Ini Rasakan Hasil Budidaya Ternak Telur Burung Puyuh

Gono Dwi Santoso - 06 June 2023 | 09:06 - Dibaca 1.68k kali
Komunitas Warga Jombang Ini Rasakan Hasil Budidaya Ternak Telur Burung Puyuh
Suelsi (61) saat memanen telur puyuh di kandangnya di Dusun Sukoharjo Desa Penggaron Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang, Senin (05/06/2023),Foto : ( Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia.co.id)

JOMBANG, suaraindonesia.co.id - Usaha Suelsi (61), warga Dusun Sukoharjo, Jombang dalam menjalani budidaya ternak  telur burung puyuh baru terasa hasilnya.

Suelsi menjalani usaha ini sejak 6 bulan yang lalu dan hasilnya kini bisa dirasakan. Meski harga telur puyuh di pasaran saat ini mulai turun, sebab perbutir hanya dibandrol sebesar Rp 335 rupiah. 

"Panen telur puyuh ini setiap jam 22.00 WIB, baru dipanen sekali panen bisa mencapai 1800 butir dan untuk harga sekarang per biji kisaran Rp 335 rupiah," ujarnya saat ditemui di rumah, Senin (05/06/2023).

Suelsi mengatakan, kesulitan yang dihadapi dalam beternak burung telur puyuh ini adalah masalah pakan burung karena tempatnya jauh untuk membeli.

"Dalam sehari, panen telur minimal 1.800 butir telur puyuh dari jumlah total 3.000 burung puyuh dan dijual di Jombang saja," terangnya.

Suelsi menambahkan, meskipun usaha budidaya ternak burung puyuh petelur kendalanya yaitu pakan ternak burung puyuh yang harga nya naik.

"Harga pakan ternak burung yang selalu mengalami kenaikan, sementara harga telur cenderung fluktuatif di pasaran,"pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya